Usaha Rumahan Di Karawang

By | 08/04/2012
Semangat pagi,
Usaha Rumahan Beberapa waktu lalu saya dan teman berkunjung ke suatu desa di karawang jawa barat (maaf nama desa saya rahasaiakan ya….), untuk melaksanakan proyek pembuatan baju saya persiapan menjelang lebaran. Desa tersebut saya pilih krn dimana desa tersebut memiliki beberapa pengrajin baju / penjahit baju. Para pengrajin baju disana melakukannya di rumah-rumah mereka, makanya saya sebut sebagai usaha rumahan di karawang. Teman saya yang memang aseli desa tersebut mengajak saya berkenalan dengan beberapa pengrajin baju di desanya. Hingga akhirnya terjadi kesepakatan antara saya dengan beberapa pengrajin baju disana untuk proyek order baju saya tsb.

Salut saya dengan para pengrajin baju disana, walaupun sebagai USAHA RUMAHAN MODAL KECIL Kendala tidak ada modal, bukan halangan untuk mereka coba berusaha & bertarung hidup. itu yang di tanamkan oleh penjahit baju disana. dengan modal seadanya mereka menerima banyak orderan baju dari tanah abang bahkan dari dubai.

Usaha Rumahan ini karena keterbatasan modal sehingga ada spekulan/pengepul/bandar/”tengkulak” yang mengkoordinir pekerjaan proyek-proyek penjahit disana. jadi setiap ada order masuk ke salah satu penjahit disana, order tersebut harus melalui bandar tersebut, karena si bandar berani mengeluarkan modal untuk beli bahan & benang hingga order selesai. Sehingga harga yang diberikan kepada pelanggan seperti saya ini “dipermainkan” oleh bandar. begitu juga modal kerja yang diberikan kepada penjahit baju usaha rumahan disana di tekan sedemikian hingga low cost. alhasil kasihan jerih payah para penjahit usaha rumahan di karawang dibayar seadanya. tapi itulah kerja keras mereka yang membuat saya salut. ada pepatah cianjur yang mengatakan you eat what you kill (apa yang anda bunuh itu yang akan anda makan) …ih serem. tapi pengertian sebenarnya adalah sama dengan hukum rimba. jadi seekor hewan tidak akan makan kalau hewan tersebut tidak membunuh hari ini. begitu juga dengan penjahit/pedagang baju atau pedagang lainnya, pedagang baju akan makan hari ini atas apa yang bisa dia jual hari ini. itulah hidup.

semoga artikel ini memberi pencerahan bagi anda yang sedang mencari peluang usaha rumahan modal kecil.
Jika anda ingin memulai usaha rumahan grosir baju harga pabrik, ada baiknya anda membaca artikel saya klik disini.

Untuk Update Produk Setiap Harinya, Silahkan JOIN WHATSAPP GROUP : KLIK DISINI YA