Tidak boleh dipandang sebelah mata bisnis rumahan yang biasanya dijalankan dengan modal kecil. Banyak contoh industri dari bisnis rumahan yang akhirnya menjadi besar dan produknya mampu melanglang buana hingga kemanca negara. Meski bisnis rumahan tergolong bisnis yang mudah untuk diwujudkan, namun Anda juga perlu untuk mempertimbangkan langkah-langkah apa saja yang perlu untuk diprioritaskan dalam menjalankan usaha ini. Karena ketika Anda menjalankan usaha di rumah, ada point-point tertentu yang perlu Anda pertimbangkan agar antara kepentingan bisnis dan keluarga di rumah tidak saling mengganggu satu sama lain.
Jika anda ingin melakukan bisnis rumahan Grosir Baju anak silahkan lihat disini
Berikut adalah tips bisnis rumahan sukses dan dapat berjalan lancar:
1. Kerjakan pekerjaan Anda
Potensi keberhasilan bisnis rumahan bergantung dari seberapa besar persiapan yang pelaku bisnis lakukan, baik itu persiapan sebelum membuka bisnis. Bagi waktu Anda, kapan harus melakukan kewajiban pekerjaan rumah dan kapan harus melakukan bisnis. Kumpulkan berbagai sumber informasi merupakan data yang sangat penting untuk meneliti pelanggan, industri, pesaing dan lain sebagainya.
2. Pilih tempat yang efisien untuk usaha
Sekitar separuh dari pelaku bisnis rumahan menjalankan usahanya di garasi, halaman atau di teras rumah. Atau bahkan ada yang mempergunakan kamar yang tidak terpakai. Namun hindari penggunaan ruangan di kamar tidur atau ruang keluarga Anda. Jangan sampai ruangan yang Anda gunakan mengganggu aktifitas keluarga yang lain.
3. Fokus pada gagasan bisnis Anda
Pusatkan bisnis kita pada kelompok pembeli atau spesialisasi tertentu. Atau tentukan target produk Anda. Hindari kecenderungan segala hal untuk semua orang. Untuk awal bisnis Anda, usahakan fokus pada kualitas produk Anda, amati tanggapan konsumen. Jika respon konsumen baik, mulailah atur strategi untuk perkembangan bisnis Anda selanjutnya.
4. Bicarakan aturan bisnis dengan keluarga
Menjalankan bisnis di rumah berarti kita dapat lebih banyak berkumpul dengan keluarga. Tetapkan aturan-aturan mengenai hal ini sejak awal. Sebaiknya libatkan keluarga dalam berbisnis, mulai dari membangun bisnis sampai menikmati hasilnya. Namun harus tetap ada ketentuan dan aturan yang disepakati antar keluarga terkait dalam pengelolaan bisnis di rumah.
5. Siasati hadapi pengalihan waktu
Cara terbaik menghadapi pengalihan perhatian sewaktu bekerja di rumah adalah dengan memilih bisnis yang benar-benar Anda sukai, seperti hobi yang dapat menghasilkan uang. Agar Anda dapat menikmati dan terhindar rasa jenuh dalam menjalankan bisnis rumahan Anda.6. Telepon bisa menjadi teman terbaik atau musuh terburuk
Sebagai pelaku bisnis rumahan, Anda akan menggunakan banyak waktu dalam menggunakan telepon. Pastikan untuk menggunakannya seproduktif mungkin. Namun sebaiknya, bedakan telepon rumah dengan telepon untuk bisnis Anda.
7. Tegaslah dengan teman atau tetangga
Teman atau tetangga Anda terkadang kurang memahami atau memiliki anggapan yang salah, bahwa karena Anda sedang berada di rumah, dianggap Anda sedang tidak bekerja. Jelaskan dengan bijaksana bahwa Anda memilki jam kerja di rumah dan persilahkan mereka datang setelah jam kerja Anda selesai.
8. Bersiaplah bila bisnis Anda mengharuskan klien berkunjung ke rumah
Berpakaianlah yang pantas dan sopan. Pastikan kantor Anda memiliki citra professional, meski berada di rumah. Perhatikan pula tata ruang kerja bisnis Anda.
9. Perluas jaringan
Membentuk jaringan adalah kunci sukses untuk keberhasilan dalam memasarkan bisnis Anda. Maka jalinlah kerjasama dengan klien-klien Anda dengan baik, dan perluaslah pertemanan Anda.
10. Bangga terhadap bisnis Anda sendiri
Saat ini wirausahawan memiliki pandangan positif  di mata masyarakat, karena dianggap mampu untuk menciptakan lapangan kerja sendiri dan mengurangi pengangguran. Dan kini banyak program-program baik swasta maupun pemerintah yang bermunculan untuk mensupport bisnis yang memiliki potensi kedepannya untuk lebih maju dan berkembang. Bukan hanya dalam hal produk atau bisnisnya, tetapi juga lebih memberikan pembelajaran dan pembekalan tentang jiwa entrepreneur. Selain penghargaan, pembelajaran yang diperoleh namun juga bantuan permodalan. Maka dari itu, jangan ragu lagi untuk mewujudkan dan mengembangkan potensi bisnis Anda. Banggalah dengan bisnis Anda sendiri.
Demikian tips agar bisnis rumahan Anda sukses, semoga bermanfaat bagi Anda. Salam sukses.
http://berbisnisrumahan.com/tips-bisnis-rumahan-sukses.html